Blog komunitas TI gaul

Tanda Kerusakan Hardisk

Posted on: April 17, 2013

ata sebuah hard disk adalah 5-10 tahun pada kondisi normal, tergantung tipe dan vendornya. Tingkat kelembaban, suhu dan berbagai faktor lainnya dapat mengurangi umur penggunaan hard disk.

Lain lagi perhitungannya untuk hard disk eksternal yang belakangan ini semakin sering digunakan. Umur perangkat ini berkisar antara 3-5 tahun. Waktu yang sangat singkat bagi sebuah perangkat yang kita andalkan untuk menyimpan data, bukan? Bayangkan berapa banyak data yang kamu miliki dalam sebuah hard disk, sehingga jika hard disk rusak, tentunya sangat merugikan bagi kamu.

Pada beberapa kasus, sebuah hard disk dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang dapat kamu perhatikan, memungkinkan kamu untuk melakukan backup data sebelum perangkat ini akhirnya rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Komputer Lambat, Freeze, Blue Screen
Gejala – gejala ini bisa disebabkan berbagai hal. Namun, apabila hal ini terjadi pada komputer kamu, disarankan untuk melakukan backup data hard disk untuk menyelamatkan data jika memang ternyata hard disk kamu rusak. Apabila masalah ini pada Windows Safe Mode atau setelah komputer kamu baru saja diinstall ulang, maka kemungkinan besar hard disk kamu mulai rusak.

Data Corrupt
Jika kamu tidak bisa membuka file yang tersimpan dalam hard disk, atau file yang telah kamu simpan tiba-tiba menghilang, maka hal ini merupakan salah satu tanda kerusakan hard disk yang lain. Meskipun hal ini juga bisa disebabkan berbagai hal lainnya, namun ada baiknya jika kamu mulai melakukan backup data. File yang hilang dari hard disk tentunya merupakan salah satu tanda yang jelas.

Bad Sector
Bad sector adalah area pada hard disk yang tidak dapat menjaga keutuhan data. Area ini menjadi sulit dikenali oleh sistem. Lakukan pemeriksaan disk manual untuk melakukan identifikasi error yang belum dikenali oleh Windows. Untuk Windows 7 : Start > Computer, klik kanan pada disk yang ingin kamu periksa > Properties. Buka tab Tools > Check Now di jendela Checking Disk, centang Automatically fix file system errors dan Scan for an attempt recovery of bad sectors.

Windows juga akan melakukan pemeriksaan bad sector saat kamu menjalankan full format atau perintah chkdsk.

Suara-suara Aneh
Jika ada suara – suara aneh yang berasal dari hard disk kamu, maka sudah dapat dipastikan perangkat ini mendekati masa kritis. Suara klik berulang kali disebabkan kepala pin hard disk yang berusaha menulis data. Suara keras dan kadang melengking yang muncul menandakan terdapat perangkat yang rusak, seperti mesin poros penggeraknya.

Apa yang Harus Dilakukan?
Jika tanda – tanda di atas mulai muncul dan kamu khawatir umur hard disk tidak panjang lagi, maka kamu perlu mempersiapkan diri untuk melakukan backup data sebelum terlambat. Lakukan backup data kamu ke dalam hard disk lain. Bahkan, sekarang ini kamu bisa melakukan backup data secara online ke dalam penyimpanan cloud yang dapat kamu akses dimana saja asalkan terdapat koneksi internet. Pastikan kamu selalu memiliki backup data penting setiap saat.
sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: