Blog komunitas TI gaul

Oven Berjalan

Posted on: January 27, 2009

Oven berjalan…….., tampaknya ini emang udah jadi istilah yang cocok buat kereta api Indonesia (khususnya kereta kelas Ekonomi), mengapa cocok?? Ya emang kereta api indonesia udah mirip kayak gini (Oven berjalan). Aq nulis artikel ini bukan berarti tanpa dasar or Cuma denger dari orang aja and juga bukan berarti aq pengen menghujat management perkereta apian Indonesia. Aq nulis ini karena aq adalah pengguna transportasi rakyat yang sangat murah and terjangkau buat kantong anak kuliah seperti aq ini. Aq mahasisawa jurusan Management Informatika komputer di LP3I BC Malang. Aq sering banget pake jasa kereta api lo’ aq pulang kampung, kampungQ ada di Kediri. Kenapa sih aq milih kereta api?? Sebenernya kereta api bukan hanya sebagai alat transportasi yang murah saja tapi kereta api juga sebagai sarana interaksi social lho…… Koq bisa?? Gimana ga di dalam kereta api qt sering ketemu ma orang2 baru dari seorang tentara, guru, sopir, karyawan pabrik, pegawai bank, kuli, bahkan seorang veteran perang. Di dalam kereta api itu qt bisa punya banyak kenalan baru bisa tukar nomer HP ya sekedar buat kenalan ja sih, bahkan bisa ketemu ma temen lama, contohnya aq kemari pas lagi pulang kampung ketemu ma temen lama aq yang udah lama bgt ga ketemu (Teman SMP), bayangin dah berapa lama qt ga ketemu akhirnya bisa ketemu lagi di kereta seneng bnget rasanya bisa ketemu ma temen lama. Inilah yang menjadi dasar buatQ untuk selalu naek kereta api ketimbang naek bus or laennya yang nyata2 lebih nyaman and aman dari pada kereta api yang sering kali penuh ga dapet tempat duduk, panas, kamar mandi rusak (ga aktive) kadang juga bau and kotor sampah makanan ringan, tapi ada yang paling parah itu sering terlamabt alias ga ONTIME, sebel bgt kan yang seharusnya kereta jadwal jam 2 eh……malah kreta nyampe jam 3. Sayang sekali sebeneranya jasa transportasi yang satu ini lo’ ga dirawat dengan baik, padahal peminatnya banyak sekali, pa lagi sekarang ini harga tiket kereta ma bis bisa jauh bgt berbeda bisa2 1:3, sebagai contohnya tiket dari MALANG ke KEDIRI hanya 5500 sedangkan tiket bus dari MALANG ke KEDIRI sebesar 18000. qt bisa liat sendiri perbedaannya. Nah itulah mengapa peminat kereta api sangat banyak bgt…. Aq sering sekali denger keluhan2 temen2 yang senasib denganQ yang lagi naek kereta, pas di dalem rasanya panas bgt………… dah kayak berada di dlm oven, yang lo’ di ibaratkan nih…….paling kluar dari kreta mukanya dah kayak kue kering yang kluar dari oven (wakakaka…….jelak bgt kan??) yang aq sayangkan itu dlm kreta itu da kipas angin yang gantung jelas di langit2 gerbong, tapi koq ya……gak bisa muter, gak usah AC deh qt ga minta yang muluk2 buat ngrasain AC di dalem gerbong kereta EKONOMI tapi kan, ya sedikitlah punya rasa kemanusian gt loch…….. ya qt sedikit angin yang sejuk gt….kan qt juga udah seneng……. Apa kipas angin yang ada di gerbong itu Cuma hiasan ja buat lo’ sewaktu2 da inspeksi mendadak jadi kliatan tu gerbong layak jalan?? Enggak kan?? Tu kipas angin ya di operasikan dong…!! biar suasaana dalam gerbong tu jadi ga panas2 bgt…… Yang paling aq kasian tu lo’ dah ada ibu2 yang udah berkeluarga terus bawa bawaan banyak banget…..dah gt ga sama suaminya di tambah bawa anak kecil yang di gendong, kebayang kan, repotnya dah gitu tu anak kecil rewel bgt………. nagis terus ngerengek ga tu minta apa yang jelas itu pasti karena panasnya suasana yang ada di gerbong kereta…….waduh kasian bgt………. aq sebenernya pengen bantu tapi, gimana nolong lawong aq sendiri aja juga bediri, palagi lo’ aq ikut bantu gendong yang ada anak itu ga bakal diam yang ada malah nangis ga diem2 liat wajahQ yang ga karuan gantengnya ini (wakakaka………..!!!). yah pasati di dalam benak orang di sekaitar ibu itu sebel bgt (udah panas, sumpek, brisik, banyak asongan yang ngalor ngidul ga karuan, bikin tambah penat aja…..) gitulah kali pikiran yang ada di benak para penumpang kereta api yang lagi terbakar esmosi, termasuk aq (kadang seh lok lagi sumpek……….), oh ya aq lupa da satu lagi yang ga kalah nyebelin pas lagi naek kreta. Apa itu? “ASONGAN” kadang mereka nhyebalin banget udah tau gerbong penuh, sesak berhimpit, dah kayak pempe…….eh tu Asongan tetep maksa buat masuk, kadang ada penumpang yang sedikit nyindir yang ada si asongan nyindir balik “lo’ pingin nyaman naek ja bus or taksi sekalian ja sewa gerbong jangan naek kreta. Sebenernya ni mang ga semua salah para asongan yang jualan di kreta, karna emang ne ladang pencaharian mreka, trus lok ga jualan gimana mreka mw makan ya toh……, justru lo’ kreta paenuh mreka tambah seneng coz dagangan mreka bakalan laku abis……. Ni sebenarnya salah siapa aq juga ga tau tapi lo’ aq bisa liat dari sudut pandang laen ne kayaknya adalah imbas dari seringnya pemerintah buat tertipin mreka yang jualan di pinggir jalan (pedagang kaki lima), koq bisa?? Yadong mreka jadi ga punya tempat buat jualan yang aman, mreka brusaha cari tempat jualan yang aman and ga digusur gusur lagi, aq jamin deh lo’ pemerintah terus ngadain penggusuran2 kayak tu….. and ga cariin tempat yang buat mreka jualan lagi pasti asongan yang ada di gerbong kreta tu bakal nambah banyak deh……. Seharusnya pemerintah ngasi tempat alternativ yang strategis buat jualan mreka jadinya mreka ga bingung julan lagi, dengan gitu asongan ga banyak di kreta so…… kreta jadi tertib and menyenangkan gt……. Aq sering bayangin lo’ perkereta apian qt seperti yang ada di JEPANG wah nyaman bgt naek kreta di jepang dah bersih…….tertib, ontime lagi…… (padahal aq lum pernah ke JEPANG, hehehe……….) Semoga ini jadi koreksi buat Management kereta api yang ada di Indonesia, Semangat PT. KA Indonesia qt pasti bisa lebih baek………amien……!!!! (and ga lupa buat para penumpang kreta api jangan banyak ngeluh tapi ayo dong qt kasi saran yang baek buat management kreta api Indonesia gt loch), kadang aq ngrasa sebel ma mreka yang banyak komentar and ngomel tentang kreta api yang inilah yang itu lah padahal itukan ga semuanya bener, coba pikir dengan sudut pandang berbeda pasti qt bakal bisa terima itu……. Samapek keselnya pernah orang di sampingQ bilang bayar murah ja koq mw nyaman Aq jadi ingat ungkapan jalanan yang bilang naek becak 2500 aja kok minta selamet lo’ ga’ jatuh itu ja dah bagus……. Pa perkereta apian indonesia bakal kayak gini??? Ga kan……??? Semangat perbaiki management kereta api Indonesia…….and jangan lupa juga buat penumpangnya Tertib dong…….jangan maen srobot ja…… Dah segiti aja…….aq mau nek kreta lagi…..tut……tut……gujes…..gujes……..!!!! By:liengloeng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: