Blog komunitas TI gaul

NyoNtek aLa clAn siNoBi

Posted on: December 13, 2008

nih ide gua muncul pas mau tidur… setelah nonton naruto yang seri jadulnya.. lupa sih seri berapa… yang pasti waktu itu naruto ma teman – teman nya lagi ujian jadi cunin paling dah lama sih jadi gua lupa.
trus dapet ide dah >>>> MORSE…

Kode morse juga digunakan dan dipelajari di dunia kepramukaan atau kepanduan. Dalam dunia kepramukaan kode morse disampaikan menggunakan senter atau peluit pramuka. Kode morse disampaikan dengan cara menuip peluit dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili garis.

Untuk menghafalkan kode ini digunakan metode yang mengelompokkan huruf-huruf berdasarkan bagaimana huruf ini diwakili oleh kode morsenya. Pengelompokan tersebut antara lain Alphabet dengan kode morse yang berkebalikan antara titik dan garis, misalnya huruf K yang diwakili oleh -.- berkebalikan dengan huruf R yang diwakili oleh .-. dan alfabet dengan kode morse berlawanan. Misalnya, huruf A yang diwakili oleh .- dan huruf N yang diwakili oleh -..

Kode representasi Morse untuk

Alfabet :

  • Huruf A direpresentasikan dengan .-
  • Huruf B direpresentasikan dengan -…
  • Huruf C direpresentasikan dengan -.-.
  • Huruf D direpresentasikan dengan -..
  • Huruf E direpresentasikan dengan .
  • Huruf F direpresentasikan dengan ..-.
  • Huruf G direpresentasikan dengan –.
  • Huruf H direpresentasikan dengan ….
  • Huruf I direpresentasikan dengan ..
  • Huruf J direpresentasikan dengan .—
  • Huruf K direpresentasikan dengan -.-
  • Huruf L direpresentasikan dengan .-..
  • Huruf M direpresentasikan dengan
  • Huruf N direpresentasikan dengan -.
  • Huruf O direpresentasikan dengan
  • Huruf P direpresentasikan dengan .–.
  • Huruf Q direpresentasikan dengan –.-
  • Huruf R direpresentasikan dengan .-.
  • Huruf S direpresentasikan dengan
  • Huruf T direpresentasikan dengan
  • Huruf U direpresentasikan dengan ..-
  • Huruf V direpresentasikan dengan …-
  • Huruf W direpresentasikan dengan .–
  • Huruf X direpresentasikan dengan -..-
  • Huruf Y direpresentasikan dengan -.–
  • Huruf Z direpresentasikan dengan –..

Tanda Baca :

  • Tanda . direpresentasikan dengan .-.-.-
  • Tanda , direpresentasikan dengan –..–
  • Tanda : direpresentasikan dengan —…
  • Tanda direpresentasikan dengan -….-
  • Tanda / direpresentasikan dengan -..-.

Angka :

  • 1 .—-
  • 2 ..—
  • 3 …–
  • 4 ….-
  • 5 …..
  • 6 -….
  • 7 –…
  • 8 —..
  • 9 —-.
  • 0 —–

Untuk menghafalkan kode ini digunakan metode yang mengelompokkan huruf-huruf berdasarkan bagaimana huruf ini diwakili oleh kode morsenya. Pengelompokan tersebut antara lain Alphabet dengan kode morse yang berkebalikan antara titik dan garis, misalnya huruf K yang diwakili oleh -.- berkebalikan dengan huruf R yang diwakili oleh .-. dan alfabet dengan kode morse berlawanan. Misalnya, huruf A yang diwakili oleh .- dan huruf N yang diwakili oleh -..

Alfabetdengan kode morse yang berkebalikan

Alfabet Morse Alfabet Morse
E . T
I .. M
S O
H …. KH —-
Alfabet Morse Alfabet Morse
K -.- R .-.
X -..- P .–.

Alphabet dengan kode morse yang berlawanan

Alfabet Morse Alfabet Morse
A .- N -.
U ..- D -..
V …- B -…
Alfabet Morse Alfabet Morse
W .– G –.
F ..-. L .-..
Y -.– Q –.-

Tidak memiliki pasangan

Alfabet Morse
C -.-.
J .—
Z –..

Penghafalan dilakukan secara kelompok huruf EISH TMOKH, AUV NDB, WFY GLQ CJZ

E   = .         T   = _           R   = ._.      F   = .._.
I   = ..        M   = _ _         K   = _._      L   = ._..
S   = ...       O   = _ _ _       W   = ._ _     Q   = _ _._
H   = ....      KH  = _ _ _ _     G   = _ _.     Y   = _._ _
A   = ._        N   = _.          C   = _._.      X   = _.._
U   = .._       D   = _..         J   = ._ _ _    P   =._ _.
V   = ..._      B   = _...        Z   = _ _ ..

satu lagi nih informasi buat kalian ....
NATO .. yang biasa di gunakan di radio radio (orari maksudna) 

Aksara fonetik NATO adalah huruf fonetik atau huruf ejaan NATO yang banyak
dipakai dalam dunia radio-telefoni secara internasional (seperti halnya, ORARI di Indonesia).
Huruf pengeja ini dipergunakan untuk komunikasi suara baik lewat radio maupun telepon
oleh semua bangsa di dunia untuk menghindari salah ejaan dalam mendikte
suatu suku-kata (terutama jika kata itu bermakna kritis dan sangat
penting).

nato

Gimana sekarang… dah dapet ide buat jadi salah satu clan shinobi di kelas mu.. kan lumayan tar pake ketukan di meja mu… ke temen sebelah mu…

memang sih agak susah.. namanya juga shinobi ya kudu musti ada perjuangannya donk….

note: sedikit nyopet dari wikipedia (thank yo cak wikip)

2 Responses to "NyoNtek aLa clAn siNoBi"

byuh cek niate kalo nyontek.. tapi saya jadi tau nih caranya anak2 kalo nyontek😀

sttt…… jangan di bocorin ya… (hehehe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: