Blog komunitas TI gaul

Tips Merawat dan Memperindah Cat Motor Kita

Posted on: December 12, 2008

Musim hujan sudah datang,saatnya ngerawat keindahan cat motor kita.
Motor udah keren,aksesoris udah komplit,Mesin udah kenceng,Cat ok banget…

Gimana cara ngerawatnya ya… ?
Gua punya tipsnya neh.

Ini ada beberapa tips untuk merawat bahkan menyempurnakan cat motor kita.
emang agak ribet kelihatannya, cuman percaya deh…

1. Mencuci :
salah satu faktor yang paling besar dalam menimbulkan baret adalah kesalahan saat mencuci, jadi jangan anggap remeh step ini.

-Sabun,
Shampoo mobil/motor adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek,sabun cuci baju)untuk mencuci bagian body, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motor kita.

-Media untuk mencuci

Gunakan kayak sponge gitu deh, supaya catnya g baret.

2. System bucket:

siapkan dua buah ember. Yang satu berisi shampoo yg sudah tercampur air, dan yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.

Mulai basah-basahan yuks :

Semprot dengan air seluruh bagian motor, sampai kalian yakin klo kotoran dan debu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampoo yg ada di ember 1, dimulai dari bagian atas dulu, dan ingat sebelom pindah ke bagian yang lain masukkan dulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, goyang2kan applicatornya hingga sisa kotoran dan shampoo turun, baru ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah benar2 bersih.

semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabun hilang dan benar-benar bersih.

Saatnya ngeringin :

Untuk ngeringin paling bagus sih pake Microfiber Waffle weaf drying towell, cuman saya akuin emang mahal. so what can we do about it ? setidaknya gunain lap Chamois yang bagus, keringkan sampai ke bagian celah2 motor. dan usahakan supaya lap tersebut terus dibilas, sehingga tetap bersih. jangan tinggalkan bercak air sedikitpun, karena bercak air yg tertinggal berpotensi untuk menciptakan bekas noda air (water spot)nantinya, dan ampun dahhhh… itu susah bgt ngilanginnya klo udah bertahan lama.

Detailing process (acara poles memoles):

Biasanya kita kan asal langsung poles aja tuh motor, sebenernya ada loh step2nya, dan klo diikutin… motor yang butek bisa balik seger lagi tuh hehehehehe,

1.Cleaning,

Tujuannya untuk menghilangkan bekas noda/wax terdahulu,meminimalkan/menghilangkan baret halus (swirl mark) yang ada.

2.Polishing,

langkah ini bertujuan untuk menghidupkan kembali warna cat kita. jangankan motor lama, motor yang baru keluar dari pabrik aja pasti ada cacatnya. nah… polishing adalah caranya. motor saya kebetulan masih tergolong baru. hahahahahaha….

3.Waxing,

nah pasti udah pada kenal sama tahap ini…? tahap ini yang biasa kita kenal dengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV di cat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi. produk mana yang bikin paling kinclong ?
cari yang terdapat kandungan pure carnaubanya (dibuat dari bahan alam), cuman biasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sinar matahari. klo mau yg awet kinclongnya ? cari yang berbahan sintesis (biasa dikenal dengan Sealent product), basisnya dari bahan2 kimia sehingga lebih tahan terhadap cuaca. cuman untuk kinclongnya sih lebih ok yg pure carnauba.

Klo semua step ini dilakukan dengan benar, insyaallah hasilnya bakal RUARRRR…BIASA!Percaya deh selama km ngikutin neh cara

cat akan terlihat lebih Deep, wetlook ,dan slick setiap harinya.

yang perlu diingat dari semua proses ini adalah :

-Jangan pernah mencampur campur produk ini dalam satu applicator pad. jadi buat cleaning applicatornya sendiri,buat polishing sendiri,buat waxing juga sendiri. lapnya juga gitu.. harus sendiri-sendiri.
-Gunakan lap yang terbuat dari bahan Microfiber, emang sih agak mahal… cuman yakin deh hasilnya bakal lebih bagus, gak bikin baret, dan lebih tahan lama karena bisa dicuci berkali kali.

ok segitu dulu ya….
klo ada yang mau nambahin atau bertanya.. mari kita bahas rame rame…

6 Responses to "Tips Merawat dan Memperindah Cat Motor Kita"

untuk peralatannya dapat di beli dimana?

untuk peralatanya bisa dibeli di toko2 yang jual accesoris motor terdekat. Klo mslh Merknya bkan sperti itu g pa2.,yang penting masing2 peralatanya digunakan sesuai fungsinya….

semoga motor anda semakin kinclong ajah.
gud luck

Kalau dicuci dengan air saja, gimana? Gak masalah, kan? Biasanya sih kalau nyuci sendiri, cuma dilap dan disiram air aja. Kalau memang sudah dirasa perlu dibersihkan dengan “benar”, baru deh dikasih shampoo dsb.

Trus kalau pakai lap karet kuning tuh, bakal bikin baret-baret juga gak?

klo karet lap kuning itu gak masalah . selama kalo ngelapnya jngan terlalu keras.
abis d cuci selain d ksih sampo juga dapat d kasih hand&Body .
biasanya klu handbody kilapnya tahan lama n lbih yang pasti, tapi apabila ada debu mudah menempel. so pasti kita harus sering membersihkanya

nice blog and cool info sob

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: